Wednesday, July 15, 2009

Pengajaran Listening Comprehension tanpa laboratorium bahasa (bagian ke 2)

Pada posting terdahulu, saya telah menuturkan bagaimana mengajarkan materi listening comprehension tanpa laboratorium bahasa, yakni dengan menggunakan pesawat telepon genggam yang mempunyai fasilitas pemutar musik (MP3 Player) yang dihubungkan dengan speaker aktif.

Posting tersebut telah memperoleh respon yang cukup menarik dari rekan guru Bahasa Inggris. Kebanyakan mereka menanyakan bagaimana menghubungkan pesawat HP dengan speaker aktif.

Sebenarnya bagi pengguna HP seri walkman cukup mudah, karena biasanya HP seri Walkman disertai dengan headset yang detachable yakni kabel headset terdapat connector dengan speaker kecil yang dipakai di telinga, sehingga speaker tersebut dapat dicabut, kemudian connector tersebut dihubungkan ke jack speaker aktif.



Namun bagi pengguna HP yang headset nya tidak detachable, diperlukan pengorbanan yaitu dengan memotong headset dan menambahkan connector stereo dengan cara di solder (coba beli headset kw2).Dalam menghubungkan kabel headset dengan connector diperlukan ketelitian, perhatikan mana kabel ke speaker kiri dan kanan serta mana kabel ke microphonr.
Selanjutnya 1eaker aktif. Cukup mudah bukan!

Selamat mencoba, Selamat mengajar.

No comments: