Thursday, October 01, 2009

Seminar Internasional Bahasa Inggris sebagai Bagian Internasionalisasi Sekolah Menengah di Indonesia

Selasa, 13 Oktober 2009
Pukul 08.30 – 16.00
Auditorium Gedung JICA, FPMIPA, UPI

Internasionalisasi sekolah menengah di Indonesia merupakan tren terhangat saat ini seperti tampak dari menjamurnya sekolah berstandar internasional di tingkat sekolah menengah atas dan sekolah menengah pertama. Namun demikian, banyak dari kita yang belum memahami betul apa sebenarnya hakekat dari sekolah berstandar internasional itu. Standar internasional mencakup terliputnya standar yang diterima secara mendunia dalam berbagai aspek pendidikan dan pengelolaannya. Ini berarti mencakup aspek fisik seperti fasilitas dan sarana sekolah, dan aspek non-fisik seperti aspek mental, kinerja dan profesionalisme para pegiat pendidikan di sekolah-sekolah dengan standar internasional tersebut.
Untuk itulah, kami mengundang tokoh yang terkait langsung dengan keberadaan dan perkembangan sekolah berstandar internasional yaitu Surya Dharma, Ph.D – Direktur Tenaga Kependidikan, Ditjen PMPTK, dan Dr. Joko Priyono, M.A., konsultan Bahasa Inggris, Sekolah Berstandar Internasional, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.
Selain itu, mengingat keinternasionalan ini juga telah mengangkat signifikansi Bahasa Inggris baik sebagai mata ajar maupun sebagai bahasa pengantar. Bahasa Inggris menempati posisi utama sebagai penanda keberhasilan sekolah bertaraf internasional. Hal ini, tentu saja mengundang konsekuensi lain misalnya persiapan dan kesiapan para pengajarnya dalam menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar di kelas-kelas mereka.
Dengan mempertimbangkan hal ini, kami pun mengundang Prof. Frances Christie, Ph.D. untuk mengupas masalah pengajaran Bahasa Inggris, secara khusus, Prof. Christie akan membahas ihwal Systemic Functional Grammar sebagai salah satu inti pengajaran Bahasa Inggris di Indonesia.
Kegiatan akan berlangsung selama satu hari dalam bentuk seminar dan workshop. Biaya pendaftaran (Rp. 200.000 untuk dosen dan Kepala Sekolah dan Rp. 150.000 untuk guru dan mahasiswa) yang akan meliputi seminar kit, kudapan dan makan siang.
PENDAFTARAN
Pendaftaran dapat dilakukan dengan menghubungi Sdri Rina di 022-70767900/0818223866; Dr. Emi Emilia: 081321913193 dan Dr. Safrina: 081220765444. Uang pendaftaran mohon ditransfer ke Rekening BCA, No. 2331668089, KCP Setiabudhi, Bandung, atas nama Rd. Safrina.
Download brosur: Brosur Seminar

No comments: