Saturday, March 09, 2019

BELAJAR HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DI NEGERI JIRAN (PART 1)

Setelah pada tahun 2013 saya memperoleh kesempatan untuk bertugas di Luar Negeri, pada tahun 2019 ini saya memperoleh kesempatan untuk bertugas ke Luar Negeri lagi. (Baca pengalaman saya sebagai Expert Teacher di Singapura disini). Program ini merupakan bagian dari program 1000 Pendidik dan Tenaga Pendidikan mengikuti pelatihan di Luar Negeri yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Dalam hal ini saya bergabung bersama guru-guru bahasa yang terdiri dari guru Bahasa Indonesia, Inggris dan Jepang yang merupakan delegasi PPPPTK Bahasa.



Pada kegiatan kali ini saya memperoleh kesempatan untuk mengikuti pelatihan singkat (Short Course) di University of Malaya Center for Continuing Education (UMCCED). Adapun materi pelatihan kali ini adalah berkaitan dengan Higher Order Thinking Skills. Disini saya belajar dari profesor-profesor senior yang tergabung dalam Center for Teaching Thinking and Inovation (CentT-TI). Profesor Emeritus  Zahari Othman merupakan Direktur dari CentT-TI, beliau adalah profesor Matematika yang memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun dalam implementasi HOTS dalam pendidikan Matematika. Selain itu juga kita belajar tentang filosofi dasar dari HOTS bersama Profesor Emeritus Dato' Isahak Haroon yang merupakan salah satu siswa dari Bloom, pencetus teori kognitif Taxonomi Bloom.



Banyak sekali pengalaman yang belajar yang saya peroleh kali ini, dan kegiatan ini benar-benar membuka wawasan saya berkaitan dengan Higher Order Thinking Skills. Apa dan bagaimana materi perkulaiahan kami akan saya sampaikan pada postingan berikutnya.


No comments: